Halaman

Rabu, 11 Mei 2011

Bayar Pajak di SAMSAT Ciputat

Sabtu tanggal 29 Januari 2011 lalu saya menunaikan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang baik hehehehe.... yaitu membayar pajak kendaraan motor Yamaha Mio tahun 2009, berarti sudah kali ke dua saya bayar pajak motor tapi tetap aja lupa prosedur nya (dasar pikun), makanya sekarang saya tulis gimana prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Ciputat yang lokasinya sekitar 15KM dari rumah dengan mempersiapkan KTP, STNK dan BPKB asli yang belum difotokopi, padahal fotokopi sudah disiapkan pada hari jum’at eh ketinggalan dikantor hehehe (dasar pikun lagi).
Jalan dari rumah pukul 07.00 agak santai dengan spekulasi kalau samsat buka pukul 08.00 (lupa browsing) eh ternyata Samsat buka jam 07.00 sampai jam 12an waduh gaswat sampai pukul 7.30 sudah agak ramai nich... parkir motor, trus  fotocopy berkasnya dulu, lalu bayar Rp. 4000 (copyan 1rangkap + map kuning buluk) mahal ga ya?? hehehe (ga penting...)..
Nah sekarang prosedurnya perpanjang pajak kendaraan dimulai... :

















  1. Minta formulir untuk perpanjang pajak (gratis loch) dilantai 1, lalu isi formulirnya (klo saya sich ga diisi biar pak polisi aja yang ngisi hehehe jangan ditiru ya) setelah diisi satukan formulir tersebut dengan map copyan tadi berikut KTP dan STNK aslinya kalau BPKB saya pegang takut keselip sama pak polisi nanti;
  2. Naik ke lantai 2 kasih berkas ke Loket I Pendaftaran, tunggu 10 menit, eh... dipanggil untuk ngecek BPKB asli yang tadi saya pegang setelah dicek Ok duduk lagi di depan Loket I Pendaftaran
  3. Setelah menunggu lagi 20 menitan, eh... dipanggil lagi untuk diberikan kuitansi pajak yang harus dibayar dengan loket sebelah kanan persis Loket I.
  4. Kali ini saya menunggu di depan Loket II Pembayaran dan Penyerahan yang letaknya agak ke kanan dari loket penyerahan kuitansi tadi, setelah menunggu 5 menitan eh... dipanggil lagi “ibu s*i w*la*i” katanya, maju ke depan loket dengan menyiapkan uang senilai pajak yang tercantum dalam kuitansi , bayar beres si kasir ngomong lagi”silahkan tunggu lagi pak” oke dech tunggu maning tunggu maning.
  5. Bergeser lagi duduk ke sebelah kanannya Loket II, kini duduk di depan Loket Penyerahan STNK.... 10 menitan lagi duduk sambil nonton TV dengan layar LCD 42 inch dan ruangan ber AC sejuk, eh... dipanggil lagi “ibu s*i w*la*i” hehehe (iya lah ini motor kan atas nama isteri saya), datang ke loket Cek Pajak.. Ok, STNK asli... ada, KTP asli.. ada, masukin plastik, cabut pukul 08.45 dari SAMSAT Ciputat wuzzz pulang ke rumah... Hebaaat bayar pajak cuma 45 menit dengan kondisi yang agak ramai.... kalau perpanjang hari sabtu sebaiknya pagi2 kalau siangan dikit wuiiiih ramai betul.
  6. Dengan pelayanan yang Ok, saya bilang boleh di coba dengan membayar pajak sendiri (klo ga sibuk) tanpa nyuruh orang... itung2 cari pengalaman iya ga karena pengalaman itu guru yang paliiiing baik hehehehe.
Fotonya pinjem tuch dari "http://abumuthmainnah.blogdetik.com/2010/05/13/lebih-cepat-tak-tersesat-di-samsat-ciputat/" izin pinjem ya bro tadi lupa foto2 baru ke ingetan dirumah....

2 komentar: